ASIATODAY.ID, JAKARTA – Produsen mobil PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mencatatkan ekspor mobil di pasar global yang cukup signifikan. Sepanjang Januari-September 2019, 158.700 unit mobil Toyota berhasil di ekspor dari Indonesia.
Keberhasilan penjualan dan penerimaan produk tersebut tak lepas dari kualitas kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan pasar di banyak negara tujuan eksport TMMIN. Keberhasilan tersebut juga mengokohkan kualitas komponen lokal yang digunakan pada jajaran model kendaraan buatan Indonesia.
Dari 9 model mobil yang diekspor semuanya memiliki kandungan lokal komponen sebesar 75 persen hingga 95 persen. Artinya kemampuan industri komponen lokal telah memiliki klasifikasi yang cukup baik di pasar international.
Sepanjang tahun 2019 hingga bulan September tercatat sebanyak 158,700 unit atau meningkat tipis sebesar 3% dibandingkan capaian tahun lalu dengan periode yang sama dengan jumlah 154,600 unit. Capaian tersebut tidak lain didukung oleh jalan panjang pengalaman brand Toyota dalam mempertahankan bahkan meningkatkan performa ekspor untuk bisa menembus pasar global selama lebih dari 30 tahun.
“Selama lebih dari 30 tahun, brand Toyota diuji untuk menghadapi berbagai macam kondisi global untuk tetap bisa menghadirkan senyuman bagi pelanggan serta turut andil dalam memberikan sumbangsih bagi perekonomian negeri ini. Naik turun kinerja ekspor telah kami alami sehingga menjadi pelajaran berharga dalam menyusun langkah-langkah strategis berikutnya,” ungkap Warih Andang Tjahjono Presiden Direktur TMMIN, melalui keterangannya, Kamis (17/10/2019).
Selain mengekspor kendaraan utuh, sepanjang bulan Januari hingga September 2019, Toyota juga mengapalkan kendaraan terurai (Complete Knock Down/CKD) sebanyak 34,300 unit, mesin utuh tipe TR dan NR baik yang berbasis bahan bakar bensin maupun etanol sebanyak 93.100 unit serta komponen kendaraan sebanyak 73,8 juta buah.
Sebanyak lebih dari 80 negara di kawasan Asia, Pasifik, Timur Tengah, Amerika Tegah dan Selatan serta Afrika menjadi destinasi ekspor brand Toyota.
Posisi Indonesia sebagai salah satu basis produksi dan ekspor di kawasan Asia Pasifik memungkinkan Toyota Indonesia untuk berkontribusi dalam sejumlah hal.
“Utamanya pada upaya substitusi impor melalui produksi lokal untuk pasar dalam negeri dan penciptaan potensi pasar ekspor. Dengan demikian dapat memberikan peran positif dalam menjaga keseimbangan neraca perdagangan terutama untuk sektor industri otomotif,” tandasnya. (AT Network)
,’;\;\’\’
Discussion about this post