ASIATODAY.ID, JAKARTA – Emirates, mitra utama dan maskapai penerbangan resmi Expo 2020 Dubai, telah meluncurkan livery A380 yang didedikasikan untuk mempromosikan acara global Expo 2020 dan mengajak wisatawan dari seluruh dunia untuk berkunjung.
Skema cat putih dan emas yang menjadi ciri khas Emirates diubah menjadi warna biru cerah dengan grafik skala besar bewarna hijau cerah, oranye, pink, ungu, dan merah. Livery berwarna-warni ini mengelilingi badan pesawat hingga ke bagian ekor dan sirip pesawat yang menampilkan logo Expo 2020 Dubai dengan cincin khasnya.
Pesan khusus ‘Dubai Expo’ dan ‘Be Part of the Magic’ ditampilkan di kedua sisi badan pesawat A380. Penutup mesin pesawat juga menampilkan pesan Expo 2020 Dubai dan tanggal acara.
Selain itu, stuntwoman Burj Khalifa yang muncul dalam iklan Emirates viral baru-baru ini mengajak seluruh dunia untuk mengunjungi acara di kedua sisi pesawat, memegang papan pesan yang bertuliskan ‘See You There’ dan ‘Dubai Expo Okt-Mar 2022’.
Branding perut pesawat berwarna merah Emirates yang ikonik, yang hanya dapat dilihat saat pesawat terbang di atas kepala, juga telah digantikan oleh branding ‘Dubai Expo’ bertema oranye. Branding baru ini semakin menguatkan promosi dan komunikasi untuk Expo 2020 Dubai saat terbang ke jaringan A380 Emirates dalam 6 bulan ke depan.
Livery A380 baru dirancang, dicat, diproduksi, dan dipasang sendiri oleh tim di Emirates. Bukan hanya sebuah stiker, livery ini adalah proyek cat yang lengkap dan merupakan yang terbesar yang pernah dibuat Emirates sejauh ini. Proses ini membutuhkan perencanaan yang matang dan kreativitas yang tinggi untuk memastikan desain livery unik ini dapat dieksekusi dengan sempurna.
Cat pada pesawat A6EEU yang terpilih untuk livery dihapus sepenuhnya. Setelah itu, sebelas warna diaplikasikan pada pesawat dengan hati-hati, dengan cara yang berurutan dan metodis. Pistol semprot elektrostatik dan pistol cangkir konvensional digunakan untuk mengaplikasikan warna-warnanya dengan teknik ‘wild spray’, yang menggunakan lebih dari 2,500 meter persegi bahan tracing dan masking. Semua stensil dan panduan tracing diproduksi sendiri oleh printer UV dan bengkel grafis Emirates dan membutuhkan waktu berjam-jam untuk menyelesaikannya.
Tim Emirates Engineering Aircraft Appearance Center dengan terampil menyempurnakan garis luar dan masking agar dapat dipasangkan ke pesawat tiga dimensi dan menyelaraskan arna-warna kontras dan latar belakang kompleks livery unik ini.
Proses pengecatan desain livery dan pengaplikasian stiker membutuhkan waktu 16 hari dan 4,379 jam kerja.
Emirates memiliki tradisi panjang dalam menampilkan livery khusus pada armada Airbus A380 dan Boeing 777. Dalam lima tahun terakhir saja, tim Emirates telah meluncurkan hampir 50 desain unik dan 100 livery. Dalam periode ini, livery khusus Emirates telah memberikan penghormatan khusus dan membawa warisan mendiang HH Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan; membawa penggemar olahraga lebih dekat ke klub, pemain, dan turnamen global favorit mereka; menyebarkan pesan toleransi dan multikulturalisme UEA; meningkatkan kesadaran akan perdagangan satwa liar ilegal, dan masih banyak lagi.
Livery inovatif Emirates telah mendorong para wisatawan, penggemar pesawat, dan masyarakat umum untuk mencari inspirasi ke langit. Livery Expo 2020 Dubai yang baru ditampilkan di tiga pesawat Emirates A380 untuk mengisahkan secara visual dan menegaskan kembali tema salah satu acara terbesar di dunia sejak awal pandemi.
Pesawat Expo dengan warna biru yang khas akan bergabung dengan 40 livery khusus lainnya yang didedikasikan untuk Expo 2020 Dubai, yang secara kolektif telah terbang ke lebih dari 130 tujuan di seluruh jaringan Emirates sejak 2018.
Emirates A380 dengan livery memukau ini terbang dan menyampaikan pesan Expo 2020 menuju Los Angeles pada 29 September.
Expo 2020 Dubai adalah World Expo pertama yang diselenggarakan di kawasan Timur Tengah, Afrika, dan Asia Selatan (MEASA), dan akan berlangsung dari Oktober 2021 hingga Maret 2022. Acara enam bulan ini dikemas dengan banyak pengalaman untuk segala usia dan minat, seperti rangkaian minggu bertema, hiburan, dan edutainment.
Penggemar seni, budaya, makanan, dan teknologi dapat menjelajahi pameran, lokakarya, pertunjukan langsung, dan banyak lagi. Pengunjung juga dapat mengunjungi paviliun negara asal mereka atau 190 paviliun negara lainnya. Emirates juga mempunyai paviliunnya sendiri yang berfokus pada masa depan penerbangan komersial. (AT Network)
Discussion about this post