• Tentang Kami
  • Tim Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • Karir
  • Kontak
AsiaToday.id
  • Home
  • News
  • Business
  • Energi Hijau
  • Travel
  • Event
  • Sains & Lingkungan
  • Korporasi
No Result
View All Result
  • Home
  • News
  • Business
  • Energi Hijau
  • Travel
  • Event
  • Sains & Lingkungan
  • Korporasi
No Result
View All Result
AsiaToday.id
No Result
View All Result

Qatar Airways Berhasil Tekan Penyebaran Covid-19 di Pesawat hingga 99,988 Persen

Redaksi Asiatoday by Redaksi Asiatoday
October 26, 2020
in Korporasi
4 min read
0
Qatar Airways Manjakan Pelanggan Premium dengan Hidangan Gourmet Vegan

Qatar Airways. Ist

2.5k
SHARES
2.5k
VIEWS


ASIATODAY.ID, DOHA – Qatar Airways melaporkan rendahnya jumlah kasus penularan COVID-19 di pesawatnya setelah menerbangkan lebih dari 4,6 juta penumpang serta lebih dari 33 miliar pendapatan penumpang per kilometer (RPK) di lebih dari  37.000 penerbangan tanpa COVID-19 di seluruh dunia sejak Februari 2020.

Keberhasilan program pemantauan, deteksi, dan kebersihan COVID-19 yang canggih telah mencatatkan lebih dari 99,988 persen penumpang yang terbang bebas COVID-19, dengan hanya kurang dari satu persen penumpang terkonfirmasi positif oleh petugas setempat setelah terbang menggunakan Qatar Airways.

Selain itu, sampai saat ini hanya kurang dari satu persen (0,002 persen) awak kabin yang bertugas tertular COVID-19 saat dipesawat serta tanpa ada kasus baru yang tercatat sejak maskapai kami memperkenalkan seragam penerbangan APD lengkap di bulan Mei 2020 serta pelindung wajah (face Shield) untuk penumpang di semua penerbangan.

RelatedPosts

Chandra Asri Kolaborasi Ecolab Implementasikan Green Chemistry

Mercedes-Benz Jual 160 Ribu Mobil listrik di Pasar Global Sepanjang 2020

Sangho Jo Pimpin Samsung di Asia Tenggara dan Oceania

Investor Hongkong Akuisisi Aset PLTU Sinar Mas Senilai Rp5,5 Triliun

Indo Rama Synthetics (INDR) Akuisisi Tambang Emas di Jawa Barat

“Statistik terbaru ini adalah bukti bahwa melalui penerapan langkah-langkah yang tepat, seperti pemberlakuan prosedur keselamatan dalam kabin, kebersihan, dan pembatasan jarak fisik yang ketat di bandara, begitu pula dengan kepatuhan terhadap persyaratan masuk dan tes dari otoritas setempat, penumpang tak perlu resah soal melakukan perjalanan udara,” kata Chief Executive Qatar Airways Group, Akbar Al Baker melalui keterangan tertulisnya,  Senin (26/10/2020).

“Sejak awal merebaknya pandemi COVID-19, kami sudah menerapkan program pemantauan, deteksi virus, dan kebersihan dalam kabin paling ketat di kalangan komunitas penerbangan global. Sebagai sebuah industri, kami ingin sektor penerbangan komersial dapat pulih dengan menjamin keselamatan dan perlindungan bagi penumpang, mulai dari keberangkatan hingga kedatangan, dengan semua maskapai penerbangan,”.

“Pendekatan berbasis risiko mendorong kami untuk menerapkan sejumlah langkah tambahan, seperti pemberlakuan tes PCR untuk penumpang yang berangkat dari negara-negara ‘berisiko tinggi’, juga penggunaan sistem penyaringan udara HEPA tercanggih dalam pesawat kami, bilamana memungkinkan. Hal ini merupakan tambahan dari Sistem Kabin Ultraviolet Honeywell yang baru-baru ini diperkenalkan yang dioperasikan oleh Qatar Aviation Services sebagai langkah tambahan saat pembersihan armada pesawat kami, sekaligus bukti komitmen Qatar Airways dalam menyempurnakan praktik keselamatannya. Kami pun telah menerapkan segala upaya yang mungkin dilakukan untuk melindungi awak kabin dan karyawan dari paparan hingga penularan melalui pelatihan pencegahan penularan dalam pesawat yang diberikan oleh spesialis serta pengenalan seragam penerbangan APD lengkap di bulan Mei kemarin. Langkah yang kami ambil ini sukses menghapuskan risiko penularan hingga saat ini,”

“Setelah pemberlakuan langkah-langkah penting tersebut, kami berhasil melaporkan bahwa 99,988 persen di antara lebih dari 4,6 juta penumpang sektor penerbangan yang terbang bersama kami terdeteksi bebas COVID-19 sejak Februari 2020. Di samping itu, kurang dari satu persen dari lebih dari 37.000 penerbangan Qatar Airways telah terkonfirmasi membawa penumpang yang terinfeksi. Dengan melihat rendahnya jumlah kasus penularan ketika bepergian dengan pesawat dan risiko penularan yang bahkan lebih rendah dan berdasarkan studi IATA terbaru yang menemukan 1 dari 27 juta penumpang tertular COVID-19 di dalam pesawat, kami harap penumpang dapat bepergian dengan tenang dengan mengetahui bahwa terbang akan terus menjadi bentuk perjalanan yang paling aman.

“Meskipun angka ini rendah, kami akan terus memantau dengan saksama perkembangan global dalam upaya mengendalikan penyebaran COVID-19, juga bekerja sama dengan otoritas kesehatan setempat untuk mendukung aktivitas pelacakan setiap kali ada kasus positif terkonfirmasi dengan subjek penumpang yang terbang bersama kami dalam rentang waktu masa inkubasi. Sebagai sebuah industri, selayaknya kami tetap waspada dan tidak mudah berpuas diri namun tetep memastikan penerapan prosedur keselamatan serta keamanan yang ketat demi menghapus kekhawatiran para penumpang, baik mereka yang hendak pulang ke rumah mereka  atau, mengunjungi kerabat atau sanak saudara, atau berekreasi,” jelasnya.

Menurut data terbaru IATA, Qatar Airways berhasil meraih predikat sebagai maskapai internasional terbesar selama April hingga Juli dengan memenuhi misinya untuk mengantar para penumpangnya pulang ke rumah masing-masing.

Hal itu lantas makin mendorong maskapai kami untuk memberikan pengalaman terbaik bagi penumpang dari segi keselamatan dan keandalan serta mampu memulihkan jaringan pelayanan secara efektif. Maskapai kami telah menerapkan protokol keselamatan dan kebersihan yang paling ketat, baik di dalam pesawat maupun di Hamad International Airport.

Qatar Airways menerapkan beberapa protokol keselamatan untuk penumpang dan awak kabin dipesawat, seperti penyediaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi awak kabin dan kotak berisi kelengkapan pelindung diri serta pelindung wajah (face shield) sekali pakai bagi penumpang.

Penumpang Kelas Bisnis di armada yang dilengkapi Qsuite dapat merasakan pengalaman terbang lebih pribadi dengan fitur-fitur yang ditawarkan kursi bisnis peraih penghargaan ini, seperti partisi privasi geser dan opsi untuk menggunakan indikator ‘Do Not Disturb (DND)’. Qsuite tersedia di penerbangan ke lebih dari 30 destinasi, seperti Frankfurt, Kuala Lumpur, London, dan New York.

Markas dan hub Qatar Airways, Hamad International Airport (HIA), telah menerapkan prosedur pembersihan yang ketat dan tindakan menjaga jarak fisik di seluruh terminal. 

HIA merupakan entitas pertama di dunia yang memperoleh verifikasi independen dari BSI (British Standards Institution) atas penerapan Protokol Keselamatan Kesehatan Penerbangan COVID-19 ICAO.

Verifikasi ini dilakukan setelah keberhasilan audit atas Kepatuhan terhadap International Civil Aviation Organization Civil Aviation Recovery Taskforce ICAO CART. Pencapaian penting ini menandai Negara Qatar sebagai negara pertama di dunia yang diverifikasi oleh BSI atas Penerapan Protokol Keselamatan Kesehatan Penerbangan COVID-19.

Dalam segala upaya untuk menjaga keselamatan para penumpangnya, HIA terus menerapkan protokol untuk menjaga jarak fisik sejauh 1,5 m di semua titik kontak penumpang di seluruh bandara, melalui tanda yang ditempel di lantai, papan peringatan, dan tempat duduk berjarak. Semua titik kontak penumpang didisinfeksi setiap 10-15 menit. Semua gerbang dan loket gerbang bus dibersihkan setelah setiap penerbangan.

Gerai ritel dan makanan serta minuman HIA juga lebih menganjurkan transaksi nirsentuh dan nontunai menggunakan kartu. Untuk ke depannya, HIA akan mencoba untuk memperkenalkan metode pembelian via online atau aplikasi. Bandara ini juga melakukan disinfeksi berkala pada semua troli dan bak bagasi.

Baru-baru ini, HIA mendapat peringkat ‘Bandara Terbaik Ketiga di Dunia’ di antara 550 bandara di dunia menurut Skytrax World Airport Awards 2020. HIA juga terpilih sebagai ‘Bandara Terbaik di Timur Tengah’ untuk tahun keenam berturut-turut dan ‘Pelayanan Staf Terbaik di Timur Tengah’ untuk tahun kelima berturut-turut. (AT Network)

Tags: Qatar Airways
Previous Post

Perkuat Konservasi Taman Nasional, Indonesia Gandeng Huawei

Next Post

Cathay Pacific Pangkas 5.900 Karyawan, Properti Hong Kong Ikut Terdampak

Related Posts

Qatar Airways Resume Flights to Helsinki on 29 July
Travel

Qatar Airways Introduces Festive Touches to Surprise and Delight Passengers This Holiday Season

December 18, 2020
Terobosan Qatar Airways Hadapi Lesunya Industri Penerbangan
Business

Qatar Airways Continues to Perform for 2020, Despite COVID-19 Pandemic

December 17, 2020
Qatar Airways Manjakan Pelanggan Premium dengan Hidangan Gourmet Vegan
Travel

Qatar Airways Touches Down for the First Time in Luanda, Angola

December 15, 2020
Discover Qatar Announces the Launch of its Very First Expedition Cruise
Travel

Discover Qatar Announces the Launch of its Very First Expedition Cruise

December 8, 2020
Qatar Airways Pangkas Jumlah Qmiles Bagi Anggota Privilege Club untuk Award Flight
Travel

Qatar Airways Pangkas Jumlah Qmiles Bagi Anggota Privilege Club untuk Award Flight

November 25, 2020
Qatar Airways Reveals First Bespoke FIFA World Cup Qatar 2022TM Aircraft
Korporasi

Qatar Airways Reveals First Bespoke FIFA World Cup Qatar 2022TM Aircraft

November 23, 2020
Next Post
Warga Hong Kong Mulai Pertimbangkan Pindah ke Inggris

Cathay Pacific Pangkas 5.900 Karyawan, Properti Hong Kong Ikut Terdampak

Discussion about this post

No Result
View All Result

Terbaru

  • Bangga Indonesia, Greysia Polii dan Apriyani Rahayu Juara Thailand Open 2021
  • Gempa Sulbar : Korban Jiwa Bertambah Jadi 73 Orang
  • Singapura Kirim Tim Investigasi Kecelakaan Pesawat Sriwijaya Air di Indonesia
  • Banjir Lumpuhkan Kalimantan Selatan, 10 Kabupaten/Kota Terdampak
  • Rudal Balistik Iran Nyaris Menghujam Kapal Induk AS di Samudera Hindia
AsiaToday.id

© 2020 Asiatoday.id - Referensi Asia by PT Republik Digital Network.

Navigate Site

  • Tentang Kami
  • Tim Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • Karir
  • Kontak

Follow Us

No Result
View All Result
  • Home
  • News
  • Business
  • Energi Hijau
  • Travel
  • Event
  • Sains & Lingkungan
  • Korporasi

© 2020 Asiatoday.id - Referensi Asia by PT Republik Digital Network.