ASIATODAY.ID, JAKARTA – Platform Twitter mencatatkan percakapan tentang belanja di Indonesia meningkat 60 persen sejak Maret 2020, jika dibandingkan dengan Maret tahun lalu.
Menurut Dwi Adriansah, Country Industry Head Twitter Indonesia, jika dilihat dari volume tweet, orang-orang cenderung berbelanja secara daring selama bekerja dan belajar di rumah.
“89 persen orang yang menggunakan Twitter di Indonesia melakukan pembelian secara daring pada kuartal 1/2020,” kata Dwi melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (10/10/2020).
Dikatakan, 44 pengguna Twitter di Indonesia berbicara mengenai belanja pakaian atau aksesoris, makanan (40 persen), peralatan rumah serta elektronik (35 persen), perawatan diri (33 persen) dan tentang ponsel atau gawai (27 persen).
Twitter juga mencatat pertumbuhan kuat di Indonesia dengan volume tweet sebesar 145.5 persen hingga Maret tahun 2020, dan dapat menjadi peluang bagi para brand untuk menerapkan strategi pemasaran jelang momen belanja tahun ini.
“Banyak orang datang ke Twitter untuk menemukan dan mencari rekomendasi tentang brand tertentu, melakukan review produk melalui utas, serta mendiskusikan produk yang sedang populer atau ramai dibicarakan,” jelasnya.
Dwi menerangkan, topik tentang belanja yang biasanya baru mulai terlihat pada pertengahan tahun, kini mulai ramai dibicarakan sejak Maret 2020.
Hal ini sekaligus memperlihatkan adanya peningkatan animo konsumen terkait belanja. Dalam hal ini, Twitter menjadi tempat bagi konsumen untuk berbagi dan mencari informasi tentang belanja.
Pengguna di Indonesia juga lebih sering menggunakan layanan perbankan daring.
“Pertumbuhan belanja daring menuntut perbankan menghadirkan layanan yang aman dan praktis untuk transaksi dengan nilai nominal yang lebih besar pada platform e-commerce, seperti komputer atau ponsel,” urainya.
Dwi mengungkapkan, rata-rata konsumen menemukan informasi dan rekomendasi produk di Twitter.
“Sebanyak 41 persen masyarakat Indonesia di Twitter menemukan brand baru berdasarkan rekomendasi di media sosial,” tandasnya. (AT Network)
Discussion about this post