ASIATODAY.ID, JAKARTA – Salah satu industri garmen terkemuka di Indonesia, PT Pan Brothers Tbk. melakukan ekspansi pabrik berkapasitas produksi 116 juta potong pakaian. Dengan ekspansi ini, pemasok Uniqlu, Adidas dan The North Face ini, kini setara polo shirt pada akhir 2019, seiring dengan selesainya pembangunan tahap 2 pabrik di Tasikmalaya, Jawa Barat.
Corporate Secretary Pan Brothers Iswar Deni mengatakan, kapasitas itu meningkat sekitar 28,8 persen dari posisi 90 juta potong garmen pada 2018.
Kapasitas ini seiring dengan target selesaianya pembangunan pabrik di Tasikmalaya tahap kedua di bawah bendera PT Teodore Pan Garmindo, serta pengembangan otomatisasi dan digitalisasi.
Perusahaan garmen ini menargetkan kapasitas secara grup akan menjadi 130 juta potong pakaian.
“Dana untuk pembangunan tahap 2 pabrik di Tasikmalaya dan untuk pengembangan otomatisasi dan digitalisasi telah disediakan,” katanya dikutip dari keterbukaan informasi pada Kamis (22/8/2019).
Dengan ekspansi ini, perseroan terpaksa menunda pembangunan perluasan pabrik baru di bawah bendera PT Eco Smart Garment Indonesia yang semula direncanakan untuk menambah kapasitas perseroan. Perseroan melakukan penambahan kapasitas saat ini melalui otomatisai dan digitalisasi.
Dengan demikian, perseroan tetap dapat meningkatkan kapasitas dengan sumber daya manusia yang ada dan pabrik yang sudah ada. Sejalan dengan itu, perseroan juga melakukan peningkatan kemampuan pekerja yang ada dalam segala hal.
Secara bertahap, perseroan tetap menambah tenaga kerja sesuai kebutuhan. Tenaga kerja perseroan saat ini sekitar 37.000 orang dan segera akan meningkat menjadi 40.000 orang.
“Training yang kami adakan menjadikan tenaga kerja meningkat kemampuan termasuk manajerial dan menjadikan kami pantas menjadi perusahaan industri 4.0,” imbuhnya. (AT Network)
,’;\;\’\’
Discussion about this post