ASIATODAY.ID, Tangerang – Akibat listrik padam, sejumlah layanan di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta sempat lumpuh. Pihak PT Angkasa Pura (AP) II meminta maaf atas kejadian itu. “Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi,” terang Senior Manager Of Branch Communication and Legal Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Febri Toga Simatupang, Senin (15/7/2019).
Gangguan listrik yang berasal dari Main Power System 3 (MPS 3) penyuplai listrik di Terminal 3 itu terjadi pada Senin pagi, pukul 4.58 WIB. “Setelah padam kurang lebih beberapa detik. Sistem backup genset mengcover dan melakukan pemulihan sampai seluruh kegiatan pelayanan operasional penerbangan kembali normal,” jelasnya.
Menurut Febri, listrik padam ini menimbulkan beberapa dampak seperti terganggunya fasilitas check-in dan baggage handling system, yang akhirnya terpaksa dilakukan secara manual. “Sebab, fasilitas check-in memerlukan recovery 10-15 menit. Sedangkan baggage handling system memerlukan restart sekitar 30 menit,” kata Febri.
Hingga kini, penyebab terganggunya aliran listrik dari MPS 3 ke Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta belum diketahui. Febri mengatakan gangguan listrik padam itu masih dalam investigasi.
“Saat ini kami terus melakukan investigasi dan evaluasi. Dan, kondisinya kini telah normal kembali,” tandasnya. (MJ/AT)
Discussion about this post