ASIATODAY.ID, JAKARTA – Implementasi program ganjil genap nomor kendaraan roda dua maupun roda empat yang dicanangkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dipandang akan sangat efektif menurunkan polusi udara di Jakarta.
Menurut Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono, berkaca dari penerapan ganjil genap selama gelaran Asian Games 2018 lalu, ternyata sangat berdampak pada kualitas udara di DKI Jakarta yang mengalami penurunan karbon (CO2) rata-rata sebesar 20,30 persen pada koridor jalan arteri yang diimplementasikan ganjil genap.
“Data-data tersebut menjadi bukti bahwa kebijakan ganjil genap cukup efektif menjadi solusi mengurangi kemacetan dan tentunya akan berdampak pula pada pengurangan polusi udara,” ujarnya dalam siaran pers, Rabu (7/8/2019).
Bambang menilai pengalaman implementasi kebijakan ganjil genap saat Asian Games 2018 bisa menjadi contoh dalam mengurai kemacetan dan mengurangi polusi udara.
Dia juga mengingatkan alternatif angkutan massal bagi masyarakat di DKI Jakarta telah bertambah menyusul beroperasinya moda raya terpadu atau MRT lintas Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia.
“Semestinya kehadiran layanan MRT dapat menjadi titik tolak transformasi gaya hidup masyarakat dalam bertransportasi,” imbuh Bambang.
Bambang menilai, perluasan ganjil genap nomor kendaraan di DKI Jakarta merupakan salah satu solusi jangka pendek mengurangi kemacetan dan polusi udara di Ibu Kota.
Karena itu, Bambang meminta dukungan masyarakat terkait dengan rencana perluasan ganjil genap yang tengah dikaji oleh Pemprov DKI Jakarta.
Dia menekankan perluasan ganjil genap merupakan salah satu langkah yang saat ini memungkinkan untuk segera dilakukan dalam mengurangi kemacetan dan polusi udara.
“Kebijakan lain seperti Electronic Road Pricing (ERP) di ruas jalan tertentu yang juga untuk membatasi penggunaan kendaraan bermotor, itu juga membutuhkan proses yang tidak sebentar. Padahal, persoalan kemacetan dan polusi udara merupakan masalah yang harus ditangani saat ini,” tandasnya. (AT Network)
,’;\;\’\’
Discussion about this post