ASIATODAY.JD, JAKARTA – PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II berambisi menjadi operator bandara paling terbaik di Asia Tenggara pada 2024.
Target ini akan dicapai melalui transformasi di bidang industri pariwisata.
Menurut Presiden Direktur AP II Muhammad Awaluddin, program Strategic Transformation AP II terdiri dari dua tahap.
Tahap pertama, Transformation 1.0 (2016 – 2020) yang fokus pada pembangunan budaya perusahaan dan dasar digitalisasi.
Tahap kedua, Transformation 2.0 (2020 – 2024) yang mengambil tema The Great SHIFT 2024, dimana fokus utamanya menjadikan perusahaan semakin adaptif terhadap global megatrends.
“Pada akhir 2024, AP II akan mencapai visi menjadi operator bandara nomor satu di Asia Tenggara,” kata Awaluddin dalam meter tertulisnya, Minggu (13/12/2020).
Dikatakan, AP II akan mencapai visi itu dengan optimalisasi bisnis melalui sejumlah portofolio bisnis baru, termasuk memperluas pasar ke bidang pariwisata dan hospitality.
“Secara berkelanjutan kami menganalisis global megatrends, dan sejalan dengan itu kami mewujudkan bandara sebagai tempat dimana para pemangku kepentingan, berbagai pelanggan, pihak atau instansi bertemu dan berinteraksi untuk melakukan transaksi ekonomi melalui pendekatan ekosistem, bukan sekedar bandara yang hanya menjadi tempat untuk naik dan turun pesawat,” terangnya.
Awaluddin memandang, pelanggan memerlukan layanan dan produk yang dapat mengakomodir kebutuhan lain untuk kenyamanan dan pariwisata.
“AP II optimistis dapat membangun bandara nyaman bagi pelanggan kami, dilengkapi dengan berbagai produk dan jasa yang sesuai,” imbuhnya.
Melalui program Transformation Flagship, AP II juga mengembangkan infrastruktur dan teknologi untuk menciptakan peran bandara sebagai suatu hub terintegrasi, tempat bertemunya para pelaku usaha dan pelanggan dengan berbasis ecosystem-based operation dalam lima tahun mendatang.
Di sisi pelayanan, perseroan akan memiliki teknologi yang dapat mewujudkan travel ecosystem. Teknologi tersebut dapat mengkoordinasikan seluruh sistem dan titik layanan (touch points) pelanggan. Ini membutuhkan peran Aplikasi Indonesia Airports yang dimiliki AP II.
“Impelementasi dari teknologi itu, misalnya jika konsumen mengalami penundaan penerbangan maka otomatif reservasi hotel menyesuaikan,” imbuhnya. (ATN)
Discussion about this post