ASIATODAY.ID, JAKARTA – Sejumlah perusahaan asal Indonesia tengah bersiap jelang pameran perdagangan dunia atau Expo 2020 Dubai yang akan berlangsung pada 20 Oktober 2020 hingga 10 April 2021. Ajang ini jadi momentum dalam memperluas pangsa pasar produk Tanah Air di kancah global.
“Kami terus mendorong agar kementerian, lembaga, pemerintah daerah, dan sponsor mempersiapkan diri memberikan yang terbaik bagi bangsa Indonesia,” terang Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Dody Edward melalui keterangan tertulisnya, yang diterima Sabtu (7/12/2019).
Sejumlah pelaku usaha pun mengharapkan terbentuknya kabinet baru pada kepemimpinan Presiden Joko Widodo ini semakin mendorong semangat kebersamaan Indonesia yang akan berpartisipasi di Expo 2020 Dubai. Kolaborasi yang terus diperkuat untuk sektor perdagangan ini jadi langkah yang baik menuju Indonesia Emas 2045.
Head of Corporate Communications PT Astra International Boy Kelana Soebroto mengatakan, pihaknya sebagai sponsor utama Paviliun Indonesia turut mendukung Pemerintah Indonesia untuk terus menggaungkan produk domestik. Kehadiran Astra di Expo 2020 Dubai merupakan partisipasi yang ke-3 kalinya setelah turut mendukung World Expo 2010 Shanghai dan World Expo 2015 Milan.
“Semangat ini sejalan dengan cita-cita Astra yaitu sejahtera bersama bangsa,” kata Boy.
Sementara itu, Corporate Secretary PT Wijaya Karya Persero (WIKA) Mahendra Vijaya menyatakan pihaknya masih berkonsentrasi menuntaskan kerja pembangunan Paviliun Indonesia. Venue yang dibangun diyakini bakal menarik banyak perhatian para pengunjung mancanegara.
“Sebagai sponsor serta kontraktor dalam pembangunan Pavilion Indonesia di Expo 2020 Dubai, sampai saat ini kami masih fokus kepada proses konstruksi agar Paviliun Indonesia dapat selesai tepat waktu sesuai spesifikasi yang telah ditentukan,“ terang Mahendra.
Melalui Expo 2020 Dubai, lanjut Mahendra, pihaknya ingin menampilkan kepada masyarakat global sebagai salah satu BUMN Indonesia yang sukses berkiprah di luar negeri dan mampu bersaing di kancah global.
“Hal ini diharapkan mampu membangun citra yang baik sehingga WIKA dapat memperluas pangsa pasar global,” ujar Mahendra.
Head of National Communications April Group Anita Bernardus juga menyampaikan harapannya untuk dapat menampilkan gambaran perusahaan yang mengelola pabrik pulp dan kertas yang terintegrasi dan berkelas dunia. Informasi menarik bagi pengunjung Paviliun Indonesia pun akan jadi fokus utama.
“Kami juga mendukung agenda tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs). Untuk itu, perusahaan telah menerapkan sejumlah komitmen yang selaras dengan agenda pemerintah dan global secara menyeluruh,” ujar Anita.
Menurut Anita, pihaknya akan membawa semangat keseimbangan antara produksi dan proteksi (production-protection) yang selama ini diusung April Group di semua bentang alam tempatnya berkarya.
“Kepada dunia, kita akan tunjukkan bahwa pembangunan berbasis kelestarian adalah modal penting bangsa ini menuju Indonesia Emas 2045,” ujar Anita.
Sedangkan Director of Corporate Communications and Investor Relations/Corporate Secretary PT Gajah Tunggal Tbk, Chatarina Widjaja menjelaskan pihaknya akan menampilkan sesuatu yang menyuarakan optimisme. Chatarina pun mengincar pasar ekspor yang lebih tinggi usai acara.
“Secara garis besar, kami bermaksud memperlihatkan kemampuan kami sebagai perusahaan nasional kebanggaan Indonesia yang memproduksi produk kelas dunia dan dapat bersaing secara global. Caranya antara lain dengan menunjukkan beberapa produk yang berperfoma tinggi,” ujar Chatarina.
Salah satu konsep Phaviliun Indonesia juga akan menampilkan restoran khas Indonesia yang diwakili Citrarasa Prima (CRP) Group. Persiapan CRP saat ini sudah sampai ke tahap pemilihan menu dan konsep detail store merek lokal asli Indonesia seperti produk kopi dan rempah-rempah. (AT Network)
,’;\;\’\’
Discussion about this post