Aplikasi Whatsapp semakin banyak dimanfaat perusahaan dan wirausahawan untuk operasional bisnis sehari-hari, terutama untuk urusan komunikasi dengan pelanggan dan calon pelanggan. Saking pesat perkembangannya, pihak Meta bahkan sampai menggelar Whatsapp Business Summit di Indonesia pada November 2023 silam.
Untuk lebih meningkatkan potensi bisnis, aplikasi chatbot Whatsapp pun hadir. Aplikasi ini bisa menjawab chat secara otomatis. Kecanggihan ini memungkinkan berbagai cara penggunaan yang bisa dimanfaatkan para pelaku bisnis, misalnya adalah sebagai berikut:
1. Menjawab Pertanyaan
Dengan adanya chatbot, pelanggan tak lagi perlu menunggu lama untuk mendapat jawaban dari pertanyaan mereka. Hal ini karena chatbot beroperasi selama 24 jam setiap harinya. Respon yang diberikan chatbot pun akan langsung tiba di Whatsapp customer hanya dalam hitungan detik.
Anda hanya perlu memasukkan berbagai pertanyaan yang sering diajukan (Frequently Asked Questions) ke dalam aplikasi chatbot Whatsapp yang kamu gunakan. Memang, tidak semua pertanyaan akan bisa dijawab oleh chatbot. Namun setidaknya, sebagian besar pertanyaan sudah tertangani secara otomatis. Hanya sebagian kecil pertanyaan saja yang perlu dijawab manual.
2. Mengumpulkan Data Customer
Ada berbagai cara untuk mengatur chatbot agar bisa mengumpulkan data customer. Selain praktis, trik ini juga sangat memudahkan karena semua data dan jawaban pertanyaan pelanggan akan otomatis tersimpan secara rapi dalam database. Tidak perlu ada staf khusus yang Anda gaji untuk urusan ini.
Cara pertama adalah dengan mengawali percakapan chatbot dengan meminta nama, kontak, dan mungkin juga beberapa informasi dasar dari setiap pelanggan yang menghubungi. Cara selanjutnya adalah dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan ke pelanggan sembari percakapan berlangsung. Survey pelanggan juga bisa dilakukan oleh chatbot.
3. Memberi Informasi Produk
Anda juga bisa memanfaatkan chatbot untuk memberikan informasi produk dan jasa yang ditawarkan oleh instansi bisnis yang Anda jalankan. Selain memudahkan pelanggan mendapatkan informasi, penggunaan chatbot Whatsapp juga dapat menjamin informasi yang lengkap dan akurat. Dengan chat manual, petugas admin seringkali lupa atau keliru saat mengetikkan informasi.
Info produk yang tercantum lengkap dalam history chat juga lebih efektif karena pelanggan bisa membacanya berulang kali. Sehingga, peluang mereka untuk yakin melakukan pembelian lebih besar.
4. Mengajukan Rekomendasi
Lebih dari sekedar memberikan informasi, aplikasi chatbot Whatsapp juga bisa dimanfaatkan untuk memberikan rekomendasi produk atau jasa yang tepat bagi setiap pelanggan. Rekomendasi tersebut adalah berdasarkan kesesuaian kebutuhan pelanggan dengan fitur atau benefit yang ditawarkan oleh produk Anda.
Untuk bisa mengajukan rekomendasi yang tepat, chatbot perlu mengajukan beberapa pertanyaan atau meminta beberapa informasi terlebih dahulu dari setiap konsumen. Percakapan ini akan mengekstraksi data yang relevan dalam bentuk kata kunci, yang akan menghubungkannya dengan suatu produk yang tepat sesuai settingan yang Anda atur sebelumnya.
5. Mengingatkan Checkout
Chatbot bisa juga diatur untuk mendeteksi pelanggan yang berminat pada suatu produk namun belum juga melakukan transaksi pembelian. Setelah beberapa waktu, chatbot akan secara otomatis mengirimkan pengingat kepada pelanggan tersebut untuk mengingatkan kembali transaksinya.
Chatbot juga bisa diatur agar bisa menanyakan pelanggan apakah ada kendala yang mereka hadapi sehingga belum melanjutkan transaksi. Meski terdengar sederhana, trik ini terbukti ampuh meningkatkan penjualan.
6. Meminta Feedback dan Review
Aplikasi chatbot Whatsapp juga bisa diatur untuk menghubungi pelanggan beberapa waktu setelah pembelian. Chatbot akan mengajukan satu atau beberapa pertanyaan untuk meminta feedback dan review. Feedback yang jujur, baik itu positif maupun negatif, akan sangat bermanfaat bagi perkembangan perusahaan ke depannya.
Bukan hanya praktis, cara ini juga cenderung lebih efektif. Banyak pelanggan yang enggan berkata jujur jika diminta feedback oleh staf manusia. Dengan chatbot, pelanggan tidak perlu merasa sungkan untuk menyampaikan kritik. Sebaliknya, pelanggan yang ingin marah-marah pun dapat diminimalisir dengan tidak adanya staf manusia yang dapat dibentak.
Balasan chat Whatsapp secara otomatis bukan hanya mengurangi beban kerja harian, tapi juga berpotensi meningkatkan kepuasaan pelanggan dan profit perusahaan. Trik-trik ini sangat cocok untuk segala jenis bisnis dalam berbagai skala, baik itu jasa freelance personal hingga perusahaan retail level internasional.
Check out other news and articles at Google News and WA Channel
Discussion about this post