ASIATODAY.ID, JAKARTA – Dewan Pers Indonesia menyoroti belanja iklan global yang hanya dikuasai segelintir korporasi.
Pasalnya, 56 persen belanja iklan global hanya dikuasai oleh Google atau Alphabet, Facebook dan Amazon. Sementara, 41 persen sisanya diperebutkan oleh ribuan media massa, baik cetak, radio maupun televisi.
Menurut Dewan Pers, fenomena ini menyebabkan surplus pemusatan ekonomi yang belum pernah terjadi dalam sejarah.
Komisi Hubungan Antar Lembaga dan Luar Negeri Dewan Pers Agus Sudibyo mengatakan, penguasaan lebih dari separuh belanja iklan secara global oleh tiga perusahaan raksasa dunia sangat berdampak pada industri media massa di Indonesia.
“Dewan Pers mendorong ada intervensi negara untuk membantu perusahaan pers nasional. Google dianggap sebagai perusahaan tidak lazim lagi, karena begitu besar kekuatannya, begitu besar potensinya, skala leverage dan begitu besar pengaruhnya,” kata Agus dikutip, Selasa (9/2/2021).
Menurut Agus, saking hebatnya, ketiga perusahaan itu dapat melakukan surveillance dan perusahaan mampu mengubah arah politik berbagai negara.
“Situasi ini tidak bisa dianggap enteng. Butuh kerja sama yang baik antara pemilik media dengan regulator atau pemerintah. Intervensi negara dibutuhkan, bukan untuk lawan Google dan Facebook, tapi untuk membuat Facebook dan Google itu tidak melakukan monopoli, pemusatan ekonomi yang berlebihan. Dalam konteks inilah muncul dorongan publik untuk membuat regulasi hak pengelola media terkait dengan proses agregasi berita,” paparnya.
Agus kemudian memberikan tips dalam rangka menghadapi Google dan Facebook.
“Pertama, pelajari seluk beluk negosiasi dengan platform digital. Kedua, membangun soliditas di antara pengelola media dan ketiga, berdialog dengan platform digital pelajari regulasi yang telah ada,” tandasnya. (ATN)
Discussion about this post