ASIATODAY.ID, JAKARTA – Maskapai Garuda Indonesia dinobatkan sebagai maskapai paling tepat waktu di dunia sepanjang tahun 2022 (The Most Punctual Global Airline).
Peringkat itu diberikan Official Airline Guide (OAG) Flightview, sebuah lembaga riset internasional yang melakukan pemeringkatan ketepatan waktu atau on time performance (OTP) maskapai penerbangan global.
Ini menjadi kali kedua maskapai Garuda meraih peringkat OTP terbaik, setelah sebelumnya diraih pada tahun 2019.
Garuda Indonesia berhasil meraih peringkat pertama tingkat OTP sebesar 95,63 persen, mengalahkan sejumlah maskapai internasional lainnya.
Maskapai yang berada di 5 besar diantaranya yaitu maskapai asal Afrika Selatan SafAir yang berada di peringkat kedua (95,30 persen).
Peringkat berikutnya dipegang maskapai asal Jerman Eurowings di peringkat ketiga (95,26 persen), maskapai asal Thailand Thai AirAsia di peringkat keempat (92,33 persen), dan maskapai asal Korsel Jeju Airlines di peringkat kelima (91,84 persen).
Berikut adalah daftar lengkap 20 maskapai paling tepat waktu di dunia, melansir data dari OAG Kamis (12/1/2023) :
1. Garuda Indonesia
2. Safair
3. Eurowings
4. Thai AirAsia
5. Jeju Airlines
6. All Nippon Airways
7. Japan Airlines
8. Copa Airlines
9. Iberia
10. LATAM Airlines Group
11. Azul Airlines
12. Sky Airline
13. Air Europa
14. Avisnca
15. IndiGo
16. Thai Smile Airways
17. Delta Air Lines
18. Viva Air Colombia
19. Etihad Airways
20. Emirates
Pemerintah Apresiasi
Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi mengapresiasi kinerja maskapai penerbangan Garuda, di tengah kondisi industri penerbangan yang mulai bangkit setelah terdampak pandemi Covid-19.
“Semoga prestasi ini semakin memacu kinerja penerbangan nasional, menjadi momentum pemulihan, dan akan semakin memajukan industri penerbangan nasional,” kata Menhub Budi Karya Sumadi, dikutip dari keterangan tertulis Kemenhub, Kamis (12/1/2023).
Menhub mengatakan, dengan capaian tersebut, diharapkan semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk menggunakan layanan dari maskapai nasional.
“Saya berharap kinerja ketepatan waktu yang baik ini dapat terus konsisten dilakukan dan dapat diikuti juga oleh maskapai nasional lainnya,” ucapnya.
Lebih lanjut Menhub mengungkapkan, selain konsistensi pelayanan dari operator penerbangan yang harus dijaga, peran serta dari masyarakat pengguna jasa penerbangan juga menjadi salah satu faktor penting untuk menunjang ketepatan jadwal penerbangan.
“Manajemen waktu kedatangan di bandara harus diperhatikan, agar tidak terlalu mepet datang ke bandara. Sehingga proses pre-flight seperti check-in dan boarding tidak mengganggu ketepatan waktu keberangkatan pesawat,” pungkasnya. (ATN)
Simak Berita dan Artikel yang lain di Google News
Discussion about this post