ASIATODAY.ID, JAKARTA – Raksasa industri media yang berbasis di Amerika, Netflix menggelontorkan investasi senilai USD1 juta atau sekitar Rp14 miliar untuk menyokong transformasi industri perfilman Indonesia.
Untuk mewujudkan investasi itu, Netflix menggandeng Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai partner.
Investasi tersebut akan digunakan untuk beberapa inisiatif seperti mengundang insan perfilman Indonesia terpilih untuk mengikuti program “Script to Screen” di Hollywood dan berinteraksi langsung dengan tim kreatif Netflix serta anggota komunitas kreatif global lainnya.
Tak hanya itu, dana tersebut juga akan digunakan untuk memberikan pelatihan penulisan naskah kepada 100 penulis naskah di Indonesia oleh beberapa ahli script writer dunia yang dibawa oleh Netflix ke Indonesia. Peserta juga akan mendapatkan pelatihan mengenai proses produksi dan pascaproduksi film.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan kerja sama ini merupakan tahap awal yang dilakukan oleh Kemendikbud untuk mendorong talenta industri perfilman Indonesia sekaligus membawanya ke panggung internasional.
“Talenta Indonesia harus terus meningkatkan kapabilitas dengan berkolaborasi bersama tim terbaik dunia,” ujar Nadiem dalam keterangannya, Kamis (09/01/2020).
Sebagai tahap awal, Netflix dan Kemendikbud akan mengundang para peserta workshop untuk mengirimkan konsep cerita film pendek dengan mengangkat tema mengenai nilai-nilai Pancasila. Peserta yang naskah ceritanya terpilih, akan mendapatkan pendanaan sebesar USD600 ribu.
“Kami mengangkat tema Pancasila. Kenapa, karena sudah waktunya Pancasila menjadi cool. Di sini kita men-challenge para peserta untuk bisa mengangkat nilai-nilai dan esensi dari Pancasila menjadi sebuah film yang menarik yang dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat tidak hanya di Indonesia tetapi juga di dunia,” imbuhnya.
Sementara itu, Kuek Yu-Chuang, Managing Director, Netflix Asia Pacific, mengatakan pihaknya melihat Indonesia memiliki potensi besar untuk menghasilkan generasi penerus industri perfilman. Terlebih dengan semangat baru untuk mengembangkan dunia perfilman Indonesia dari pemerintah.
“Kami percaya akan ada banyak cerita hebat yang dihasilkan dari Indonesia. Melalui inisiatif-inisiatif ini, kami ingin bisa berkontribusi pada pertumbuhan komunitas kreatif di Indonesia. Netflix juga berharap cerita-cerita tersebut bisa membawa tema-tema unik mengenai Indonesia dan dapat dinikmati oleh masyarakat dunia,” tandasnya. (AT Network)
,’;\;\’\’
Discussion about this post