ASIATODAY.ID, JAKARTA – Sompo Holdings (Asia) Pte. Ltd. (Sompo Asia) hari ini mengumumkan investasi strategis senilai US$50 juta (~AU$68 juta) di Cover Genius, firma insurtech terkemuka dan spesialis asuransi terintegrasi (embedded) yang memungkinkan perusahaan-perusahaan digital besar dunia menawarkan jenis asuransi atau garansi apa pun secara langsung kepada pelanggan di seluruh dunia hanya dengan satu panggilan API.
Investasi Seri C sebesar ~AU$100 juta ini akan meningkatkan ekspansi global Cover Genius dan memperluas saluran distribusi digital Sompo Group di pasar asuransi terintegrasi, memungkinkan perusahaan untuk memberikan solusi yang disesuaikan kepada pelanggannya dengan memanfaatkan XCover, platform distribusi asuransi dan garansi global pemenang penghargaan dari Cover Genius.
Putaran ini terdiri dari modal primer dan sekunder, dan didukung oleh investor fintech global terkemuka, G Squared, serta para pemodal awal Cover Genius seperti King River Capital, Marinya Capital, dan Regal Funds Management.
Cover Genius bermitra dengan perusahaan-perusahaan digital terbesar di dunia termasuk Booking Holdings, Skyscanner, Ola, Intuit, Shopee, dan beberapa merek terkemuka lainnya untuk mendistribusikan asuransi yang dipersonalisasi di negara, bahasa, dan mata uang mana pun hanya dengan satu panggilan API.
Selain itu, dengan lisensi di seluruh 50 negara bagian AS dan di lebih dari 60 negara, Cover Genius mampu menawarkan kemampuan globalnya ke berbagai industri, termasuk asuransi properti untuk para penyewa, pemilik tanah, pemilik rumah dan perusahaan, program fintech dan program asuransi pada bank, solusi untuk pengecer, kontraktor lepasan, platform logistik, perusahaan keamanan siber, agen perjalanan online, agregator mobil sewaan, dan maskapai penerbangan
Melalui proyek-proyek yang ada, Sompo Asia telah melihat potensi besar dari kemampuan global Cover Genius, didukung oleh kerangka kerja analisis data BrightWrite yang membantu mitra-mitranya mengoptimalkan layanan untuk berbagai tujuan.
“Kami telah bekerjasama dengan Cover Genius pada beberapa proyek dan sangat terkesan dengan organisasi dan kemampuan global mereka. Selain itu, kami sangat bersemangat melihat masa depan asuransi terintegrasi. Saya percaya perusahaan ini memiliki posisi yang unik untuk bisa unggul di pasar yang berkembang pesat ini,” ujar Daniel Neo, Chief Executive Officer dari Sompo Asia, Selasa (28/9/2021).
“Di Sompo Group, kami berbagi nilai-nilai yang sama dengan Cover Genius. Kami berharap melalui investasi ini, kami dapat bekerja sama untuk mewujudkan inovasi digital dan memberi kepuasan kepada pelanggan kami,” terangnya.
Platform distribusi global Cover Genius dan API untuk manajemen klaim hulu ke hilir, XClaim, memungkinkan para mitranya memanfaatkan distribusi digital di tingkat global yang skalabel. Penggabungan kemampuan underwriting SOMPO yang terlisensi dan teknologi Cover Genius akan menciptakan posisi kepemimpinan yang menarik pada pasar asuransi terintegrasi yang tumbuh cepat. Kemitraan ini akan dimulai dari 14 pasar Grup Sompo di seluruh Asia sebelum diperluas ke jaringan globalnya, memajukan transformasi dan kelincahan digital Grup.
“Kami sangat senang bisa berkolaborasi dengan mitra-mitra global, seperti Grup Sompo, yang percaya pada kekuatan asuransi terintegrasi dan kemampuannya untuk menawarkan lini perlindungan baru kepada pelanggan di seluruh dunia,” jelas Angus McDonald, CEO dan Co-founder dari Cover Genius.
“Pendanaan ini akan membantu untuk meningkatkan penawaran kami saat ini dan melanjutkan pertumbuhan pesat kami saat memasuki pasar baru dengan berbagai solusi inovatif untuk perlindungan terintegrasi,” ungkapnya.
Grup Sompo memiliki misi global untuk mempromosikan “Taman tematik untuk Keamanan, Kesehatan, dan Kesejahteraan” bagi para pelanggan mereka. Investasi strategis ini akan mendorong bisnis Ritel Sompo menjadi lebih berkelanjutan dan kompetitif, menawarkan solusi yang dapat disesuaikan agar memenuhi kesejahteraan semua pemangku kepentingan, tidak hanya asuransi.
Sebagai referensi, Sompo Holdings (Asia) Pte. Ltd., adalah perusahaan yang berbasis di Singapura, sekaligus kantor pusat regional untuk entitas Asia Pasifik kecuali Jepang, dan merupakan bagian dari Sompo International Retail Platform. Secara kolektif, perusahaan berada di bawah perluasan global dari Sompo Holdings Group (Sompo Group) berkantor pusat di Tokyo, Jepang. Dengan lebih dari 70 tahun kehadiran terpercaya di Asia, bisnis perusahaan tersebut tersebar di 14 pasar dengan lebih dari 4.500 karyawan di wilayah tersebut.
Sebagai perusahaan asuransi non-jiwa terkemuka secara global, perusahaan telah menjalin kemitraan strategis untuk mengakses jaringan sumber daya dan distribusi yang lebih luas untuk memberikan solusi terbaik bagi pelanggan, sambil mengikuti tren digitalisasi dan inovasi yang terus berkembang.
Grup Sompo berusaha untuk berkontribusi pada keamanan, kesehatan, dan kesejahteraan pemangku kepentingan, pelanggan, dan masyarakat kami dengan menyediakan lebih dari sekadar asuransi. Grup mengoperasikan bisnisnya di luar negeri di 28 negara dan wilayah di seluruh dunia, termasuk Amerika, Eropa, Timur Tengah, Afrika, Asia, dan Oseania.
Sementara Cover Genius adalah insurtech untuk asuransi terintegrasi yang melindungi para pelanggan perusahaan digital terbesar di seluruh dunia termasuk Booking Holdings, pemilik Booking.com dan Agoda, Intuit, Skyscanner, Ola, dan Descartes ShipRush. Perusahaan ini juga tersedia pada eBay, Wayfair, dan Shopee.
Visi Cover Genius adalah untuk melindungi semua pelanggan perusahaan online terbesar di dunia melalui XCover, sebuah platform distribusi global untuk semua lini asuransi atau garansi, yang memenangkan penghargaan, dan XClaim, sebuah API untuk pembayaran instan atas klaim yang disetujui yang memberikan NPS +65, hasil yang telah diakui secara independen sebagai yang tertinggi untuk perusahaan asuransi mana pun secara global.
Cover Genius dan mitranya bersama-sama menciptakan solusi yang menawarkan perlindungan, dibantu oleh lisensi Cover Genius di 60+ negara & seluruh 50 Negara Bagian AS. (AT Network)
Discussion about this post