ASIATODAY.ID, JAKARTA – Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Taipei John C.Chen mengungkapkan, Taiwan memiliki potensi besar di sektor Perdagangan di Indonesia.
Menurutnya, Indonesia merupakan pasar terbesar dan terbaik di kawasan Asia Tenggara.
“Taiwan melihat besarnya potensi ini, karena bagi kami Indonesia merupakan market terbesar dan terbaik di Asia Tenggara. Karena itu Taiwan sangat antusias membidik pasar Indonesia,” terangnya dalam acara Taiwan Excellence Happy Run di Pasar Seni, Taman Impian Jaya Ancol, Minggu (21/7/2019).
Dikatakan, banyak produk asal Taiwan yang bisa dipasarkan di Indonesia, namun saat ini yang dominan produk teknologi (ICT) seperti laptop dan produk elektronik. Namun saat ini, Taiwan juga melakukan penetrasi barang pabrikan dan produk kecantikan.
‘Semangat Taiwan dalam membidik sektor perdagangan di Indonesia dibuktikan dengan bertambahnya produsen Taiwan yang akan mendirikan pabriknya di Indonesia,” katanya.
Dipasar ICT kata dia, yang sudah masuk di Indonesia itu seperti produk Asus.
“Tahun ini Pegatron akan masuk, selain itu ada produsen sepatu Pou Chen Group yang akan mempekerjakan sekitar 100 ribu masyarakat Indonesia di pabriknya,” katanya.
Jhon Chen menambahkan, Taiwan diperkirakan akan terus meningkatkan nilai investasinya di Indonesia.
“Tahun ini nilai perdagangan Taiwan di Indonesia sudah tumbuh sebesar 10%. Sementara investasi Taiwan tahun lalu tumbuh sekitar 20%. Tahun 2019 saya kira akan lebih tinggi lagi,” katanya.
Kondisi perang dagang AS-Cina diakui John, sangat mempengaruhi investasi Taiwan sehingga banyak manufaktur yang keluar dari Cina dan pindah ke Indonesia.
“Taiwan akan mengambil peluang ini,” imbuhnya. (GT/AT Network)
,’;\;\’\’
Discussion about this post