ASIATODAY.ID, JAKARTA – Indonesia memastikan keikutsertaan diajang pameran perdagangan se-dunia atau World Expo Dubai pada Oktober 2021 mendatang. Ajang lima tahunan terbesar ketiga di dunia ini menjadi momentum strategis untuk promosi produk Indonesia.
Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto mengungkapkan, perhelatan World Expo 2020 Dubai yang sedianya berlangsung tahun ini sempat tertunda akibat pandemi Covid-19. Persiapan pembangunan paviliun Indonesia juga ikut terganggu kemudian diperpanjang selama setahun.
“World Expo selalu dihadiri hampir seluruh negara di dunia untuk menampilkan berbagai inovasi baru untuk membawa pembaharuan bagi dunia promosi dan pertukaran budaya serta media kampanye pencapaian negara,” kata Agus saat menghadiri acara One Year to Go Expo 2020 Dubai di Jakarta, sebagaimana keterangan tertulisnya, Kamis (1/10/2020).
Keikutsertaan Indonesia di Expo Dubai merupakan momentum untuk menggaet investasi dan peningkatan ekspor jangka panjang.
Menurut Agus, Dubai serta negara Uni Emirat Arab (UEA) bisa menjadi jembatan membuka pasar baru produk Indonesia ke pasar potensial di Timur Tengah.
“Expo Dubai menjadi hajatan besar. Kesuksesan partisipasi Indonesia merupakan tanggung jawab bersama seluruh kementerian lembaga, dunia usaha, pemerintah daerah, dan masyarakat Indonesia,” imbuhnya.
Pada pameran perdagangan dunia ini, kata Agus, pelaksanaanya akan memakan waktu cukup panjang yakni 182 hari. Durasi tersebut ditargetkan bisa mendatangkan pengunjung maupun buyer potensial dari mancanegara ke paviliun Indonesia sebanyak 2,5 juta orang.
Adapun paviliun Indonesia memiliki desain yang memadukan unsur futuristik dengan berbagai motif tradisional dengan setiap lantainya memiliki cerita berbeda tapi saling terkait dan berkelanjutan.
Potensi kekayaan Indonesia juga akan ditampilkan serta berbagai macam promosi di bidang perdagangan pariwisata, investasi dan pencapaian terkini serta visi Indonesia emas 2045.
“Paviliun ini merupakan wajah Indonesia masa depan dengan inovasi teknologi namun tetap selaras dengan berbagai kearifan lokal bangsa. Dengan konsep ini diharapkan mampu menarik sebanyak 2,5 juta pengunjung atau 10 persen dari total target pengunjung Expo 2020 Dubai,” imbuhnya. (ATN)
Discussion about this post