ASIATODAY.ID, BEIJING – Penyedia solusi rantai pasokan dan logistik canggih (smart supply chain and logistics) yang didukung Alibaba, BEST Inc., sukses menjalankan “adaptasi kebiasaan baru” (new normal) setelah COVID-19 merebak, serta mempercepat upayanya dalam membangun jaringan bisnis di Asia Tenggara.
“Perubahan besar yang terjadi adalah kapasitas angkutan berhasil dipertahankan jika dibandingkan dengan kondisi sebelum pandemi terjadi,” ujar Jason Qian, Deputy General Manager, BEST Global, serta General Manager, BEST Southeast Asia dalam keterangan tertulis, Jumat (17/7/2020).
“Arus pesawat penumpang dan lalu lintas jalan dalam jumlah masif sempat berjalan dengan lancar, namun transportasi lintasnegara menjadi tantangan besar setelah wabah penyakit terjadi,” kata Qian.
Di sisi lain, tingkat permintaan terhadap layanan pengiriman ekspres telah melonjak selama epidemi berlangsung. Lebih lagi, anjloknya kapasitas internasional telah menghasilkan tekanan dan tantangan bagi aktivitas logistik lintasnegara.
Pada Januari 2019, BEST meluncurkan bisnis pengiriman ekspres yang menjangkau seluruh Thailand, serta sukses mengusung bisnis waralaba yang dikembangkan di Tiongkok ke Thailand. Pada akhir Maret 2020, BEST berhasil menjangkau 100 persen wilayah Thailand.
Di tengah pesatnya pertumbuhan di Thailand, BEST juga merambah Vietnam pada Oktober, serta merintis layanan pengiriman ekspres di Malaysia, Singapura, dan Kamboja sejak awal Juli.
Untuk perencanaan mendatang di Thailand dan seluruh Asia Tenggara, menurut Qian, dalam jangka pendek, BEST akan berupaya untuk mewujudkan pertumbuhan pesat dan jangkauan lengkap di Asia Tenggara. BEST juga ingin melansir pengalaman teknologi dan operasional guna meningkatkan layanan logistik.
“Dalam jangka panjang, kami kelak meningkatkan lokalisasi tenaga kerja, layanan, dan beberapa faktor lain, serta menyediakan layanan rantai pasokan yang lengkap dan meningkatkan smart logistics,” jelas Qian.
BEST turut berencana untuk meluncurkan aktivitas operasional di Indonesia dan Filipina dalam waktu dekat, serta menciptakan jaringan terpadu yang berskala besar di Asia Tenggara.
Dalam beberapa tahun terakhir, pembangunan infrastruktur di negara-negara Asia Tenggara terus meningkat, sementara, pasar e-commerce juga berkembang pesat. Untuk itu, BEST selalu berusaha untuk mendirikan jaringan pengiriman ekspres di negara-negara utama di Asia Tenggara.
Sementara itu, BEST giat menjajaki pembangunan rute-rute logistik lintasnegara antara China dan Asia Tenggara, serta mewujudkan transportasi multimoda laut-darat-udara antara Tiongkok dan Asia Tenggara.
“Dengan demikian, layanan logistik lintasnegara dapat tersedia bagi klien-klien e-commerce yang beroperasi secara lintasnegara,” tandasnya. (AT Network)
Discussion about this post