ASIATODAY.ID, JAKARTA – Indonesia terus memperkenalkan berbagai produk lokal ke kancah global, salah satunya di Kota Paris, Prancis.
Dalam rangka itu, Kantor Perwakilan Promosi Pariwisata Indonesia di Paris (VITO) menyelenggarakan kegiatan promosi yang inovatif dan kreatif melalui La Maison de L’Indonesie atau House of Indonesia di Paris.
Kepala Kantor VITO, Eka Moncarre mengatakan La Maison de l’Indonésie akan membawa Indonesia ke Perancis melalui produk lokal dan gastronomi.
Meski pandemi Covid-19 masih membatasi mobilitas turis karena adanya restriksi perjalanan, dia menyatakan promosi harus tetap dilakukan dengan kreatif dan inovatif.
Eka Moncarre yang juga pendiri House of Indonesia Paris (La Maison De L’Indonesie) mengemukakan setiap Jumat diadakan acara yang disebut “Happy Hour Indonesia” berupa pop-up store bertempat di kantor VITO di 22 rue Laplace 75005 Paris.
“Pengunjung bisa mencoba berbagai produk lokal Indonesia mulai dari jamu, coklat, kopi sampai produk aromaterapi ataupun bisa langsung membeli produk yang didatangkan dari Indonesia,” kata dia melalui keterangan tertulisnya, Kamis (22/10/2020).
Happy Hour Indonesia yang sudah berlangsung sejak awal Oktober ini, mendapat sambutan dari warga Perancis yang ada di Paris.
Selain itu, Indonesia akan berpromosi di Weekend Market Le Petit Village International de La Gastronomie yang terletak di Place Baudoyer, tak jauh dari pusat kota Paris.
Sejak dibentuknya Village International de la Gastronomie pada 2017, Indonesia menjadi mitra setia festival. Bahkan, Indonesia menjadi negara kehormatan pada 2018.
Tahun ini Indonesia kembali hadir mulai 31 Oktober hingga akhir Desember memperkenalkan kuliner Tanah Air yang kaya dan beragam. Hal ini juga salah satu kesempatan untuk merayakan peringatan 70 tahun hubungan bilateral Prancis-Indonesia
Sekitar 23 negara mengikuti Weekend Market Le Petit Village International de la Gastronomie 2020 dengan menghadirkan produk dan hidangan ikonik yang akan berganti negara setiap minggu.
Weekend Market ini juga akan dimeriahkan dengan tarian dan musik dari berbagai negara, demo cooking oleh chef internasional, dan ekspo buku gastronomi oleh Gourmand Book Award.
La Maison de l’Indonésie juga bekerjasama dengan Restaurant Indonesia menjual makanan seperti nasi goreng, sate ayam, dan jajanan pasar. Kegiatan itu juga mendapat dukungan dari KBRI Paris dengan menyediakan tarian melengkapi promosi budaya Indonesia di Perancis pada November mendatang. (AT Network)
Discussion about this post